Popular Post

Posted by : Unknown Sabtu, 14 Maret 2015



Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu mengenai pembelajaran HTML. Bagi anda penggila internet dan suka membuat blog atau pun website ataupun anda masih pemula tentu anda tak asing lagi dengan HTML. HTML merupakan format yang mendasar yang paling sederhana dan mudah dalam membuat web. untuk itu disini saya akan menjelaskan apa dan bagaimana HTML tersebut yang saya dapatkan dari perkuliahan saya dan materi ini didapat dari dosen saya Bapak Handrizal,S.Si.M.Comp.Sc. oke langsung saja yaa....

Tentang HTML

        HTML : format standar untuk membuat dokumen web
        Spesifikasi HTML standar (HTML 4.01 ) : http://www.w3.org/TR/html4
     HTML merupakan bahasa bertanda, menggunakan rangkaian teks tertentu (tag) untuk  menandai teks yang mempunyai interpretasi khusus
     File HTML berupa file teks (plain text file), bukan binary file, sehingga dapat dibuat  menggunakan editor teks biasa

         Skema Dasar Dokumen HTML

Untuk lebih mudah silahkan anda lakukan di notepad.


keterangan :
         HTML: menandai awal dan akhir dokumen HTML
         HEAD: menandai bagian header dokumen HTML
         TITLE: memberi judul pada dokumen HTML
         BODY: menandai awal dan akhir isi dokumen (yang ditampilkan)

catatan penting : 

setelah anda buat kodingnya di notepad atau lainnya. ketika anda save, ganti format file nya menjadi .html. contohnya : cobaaja.html. Setelah itu buka dengan firefox ataupun browser lainnya.

dan sekarang saya akan berikan satu contoh dari HTML.
Dan hasilnya akan menjadi seperti ini : 


 

Ada pun beberapa hal penting dalam pembuatan HTML yaitu berupa TAG-TAG dalam pembuatan HTML akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya. Cukup sekian postingan kali ini. Apabila ada kesalahan dan kekurangan mohon kritiknya yaa agar kedepannya menjadi lebih baik. Terima Kasih...

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © ILMU KOMPUTER EVERYWHERE - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -